Lemon.

” Duh susah banget turun ni angka timbangan.”

” Lo minum air lemon aja, tiap pagi. Ntar kurus kayak si Anu.”

” Maag gue kumat…”

” Lo rutin aja minum air lemon tiap pagi. Ntar sembuh.”

Saya sering mendengar kata kata di atas berulang kali. Setahu saya, air dengan kandungan jeruk lemon atau jeruk nipis tidak sesakti itu lah… 

Saya mengenal tentang metode ini saat saya belajar yoga dengan salah satu penggerak food combining. Jadi sedikit banyak familiar dengan prinsip dasarnya, termasuk di dalamnya tentang air perasan jeruk lemon tadi. Tidak bermaksud sok tahu, atau bahkan menggurui, anggaplah saya hanya sharing apa yang saya pernah dengar tentang tujuan mengapa disarankan mengkonsumsi segelas air hangat dengan perasan jeruk lemon pertama kali saat kita bangun tidur di pagi hari.

Saat bangun pagi, tubuh baru saja selesai bekerja keras bermetabolisme. Air hangat mengaktifkan beragam enzym dalam tubuh sekaligus bantu bersihkan lendir sisa metabolisme di sepanjang sistem cerna.

Pemberian perasan lemon/jeruk nipis selain memberikan sifat basa pada air yang masuk tersebut, juga memperkuat daya bersih lendir pada air. Sekaligus memberikan tonik bagi liver. Organ ini bekerja ekstra keras saat tidur. Pagi hari tonik menjadi ‘hadiah’ baginya.
Saat lever kita sehat, otomatis ya menunjang organ organ lainnya untuk sehat juga. Tubuh kita ibarat mobil, di mana untuk menjalankannya butuh mesin yang setiap bagiannya berjalan sempurna.

Sesakti itu kah? Tentu tidak. Harus pula diikuti dengan pola makan yang baik dan benar. Jangan berharap bisa langsing dan sehat, jika hanya mengandalkan minum perasan air lemon setiap pagi. Tetap perlu diet seimbang dan berolahraga. 

Untuk disiplin menjalankan food combining itu sumpah deh, susah. Butuh tekad yang kuat. Apalagi Indonesia surganya makanan enak yang kebanyakan tidak sesuai dengan prinsip food combining. Bisa sih, dilakukan, sesekali makan atau jajan sebagai rekreasi, di akhir pekan. Sisanya komit. Yang sudah pernah saya lakukan sih, ya jeprut. Tak bertahan lama. Hahaahaha.

  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s