Pilihan.

Tuhan menguatkan dan membentuk dirimu dengan berbagai cara. Kadang-kadang secara langsung, kadang secara tidak langsung. 

Suatu ketika, aku pernah agak sedikit mengeluh. Ya Allah, lagi ribet begini kok ya gue juga mesti diribetkan dengan mendengarkan keribetan hidup orang lain. 

Tetapi setelah dijalani, kupikir… Eh mungkin pada saat mendengarkan, tergerak hatiku untuk memikirkan input yang baik buat dirinya. Dan pada saat aku memikirkan, dan selanjutnya menyatakan saran atau inputku tadi, secara tak langsung akupun akan melakukan hal yang sama dengan apa yang kukatakan padanya.

Saat mendengarkan bagaimana terpuruknya seseorang dalam menghadapi hidup, mungkin aku akan berpikir aku jauh lebih beruntung karena aku jauh lebih kuat , lebih tegar. Maka sudah semestinya aku pun membantunya untuk bisa kuat pula menghadapi masalahnya.

Apa untungnya mendengarkan keruwetan orang? Yaaa kalau dihitung untung rugi, apalagi dengan nominal, ya nggak ada… Tapi kalo menambah cakrawala berpikir dan kekayaan batin, ya jelas ada. Bisa berguna bagi orang lain juga merupakan ladang pahala. Itu saja sih. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s