Perubahan.

Menua itu pasti, sama seperti mati. Setiap detik, menit, jam, hari, pekan dan bulan yang dilewati mengurangi masa kontrak hidup di dunia ini.

Meski sudah mengetahui hal yang pasti , dan perlahan setiap tahapan dilalui, tak urung masih suka kaget sendiri.

Memasuki usia kepala 4 yang tinggal 1 bulan lagi, aku pun mulai menjalani. Hal hal yang dulu kulihat pada ibuku atau telah lebih dulu teman teman lain yang mengalami.

Sepanjang hidupku, tubuhku berjalan dengan aturan yang sudah jadi. Semua berjalan seperti terprogram nyaris tanpa hambatan yang berarti. Jika aku sakit ini, biasanya selesai dalam sekian hari. Jika ada gejala yang sedikit berbeda, ada gangguan, itu sudah pasti. Dan tanpa intervensi medis yang macam macam, selalu sembuh sendiri. 

Namun agak berbeda kali ini. Mendadak siklus normal bulananku terhenti. Selain kehamilan, ini kejadian yang pertama kali. Kelelahan fisik, mungkin juga keletihan psikis kurasa bisa jadi. Selintas kuberpikir : masa sih aku terkena menopause dini?

Kubaca sana sini. Katanya keseimbangan  hormon yang tak serasi. Kupikir, ah dulu pernah stress dan keletihan kok, tak sampai begini. 

Dua tahun lalu saat kutemui beberapa helai rambut memutih, masih suka kucabuti. Sekarang, kubiarkan rambut yang memutih tadi memanjang sendiri. 

Pun saat penglihatanku mulai agak menurun belakangan ini. Minus mata yang selama puluhan tahun terakhir terjaga, sepertinya harus ku cek lagi.

Menua itu sudah pasti. Perubahan pasti terjadi. Begitupun pandangan terhadap hidup pun harus berganti. Seperti yang kubaca berulang kali, bahagia itu tak perlu dicari. Karena ia ada di diri sendiri. Saat kita bahagia, hormon hormon berkerja kembali. Gangguan dalam tubuh dapat sembuh sendiri. Ataupun jika kondisi saat belia tak dapat kembali, setidaknya bisa tetap sehat dengan tubuh yang sesuai di usia kini..

Advertisements

6 thoughts on “Perubahan.

      1. Semacam ada makna tersirat yang berujar.. Lu udah memasuki masa-masa hari tua. Aduuh maaf ga sopan pake lu gue sama orang yang lebih tua :p

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s