Tanya, kenapa?

Suatu hari, aku membaca sebuah postingan bagus di salah satu sosial media. Katanya begini, kenapa kita memberi barang barang yang mahal untuk orang yang sudah kaya, namun memberikan barang barang bekas atau tak terlalu berharga ke orang yang tidak punya?

Wah, baru kepikiran. Benar juga ya. Aku pun begitu. Lantas aku bertanya pada diriku sendiri : kenapa?

Aku pribadi, ada rasa malu, jika memberikan barang barang yang “tak sepadan” kepada orang orang yang secara finansial mampu. Apalagi jika mereka pun pernah memberikan barang atau kado yang bagus dan bernilai pula. 

Tapi jika ada yang memberikan barang mahal dengan harapan kelak akan dibalas begitu juga, atau dengan tujuan menunjukkan status sosial yang sama atau bahkan lebih baik, nah.. Itu aku tidak. Entahlah jika ada yang begitu.

Pada saat memberikan barang bekas atau yang tidak mahal kepada orang yang kurang beruntung, tanpa disadari ada perasaan : ” Ah dikasih begini juga mereka sudah senang ” atau ” cukuplaaah ini, sudah cukup bagus. ”

Ih jadi malu.

Padahal ya, kalau mau ditilik balik, ada beberapa kejadian yang mestinya bisa menamparku bolak balik. 

Misalnya, kukeluarkan seperak untuk orang orang yang kurang beruntung, entah kenapa…seringkali balasan yang kuterima bisa 5 kali, bahkan bisa sampai 500 kali dari seperak yang kukeluarkan tadi. Dan kadang tidak tanggung tanggung, balasan itu kuterima hari itu juga dalam hitungan jam. Hal seperti itu baruuu saja terjadi kemarin.

Anehnya…Saat aku memberi barang atau bantuan dana dengan nominal yang cukup lumayan kepada yang mampu, aku belum pernah merasakan nikmat yang sama tuh seperti yang kuceritakan di atas. Ya sudah,begitu saja…flat.

Itu yang terjadi padaku, aku tak tahu denganmu. Apa kau juga begitu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s