Tim/geng.


Perbedaan antara sebuah tim dan sebuah geng dalam dunia pergaulan adalah :

Dalam tim, masing masing individu memiliki suara dan diapresiasi oleh anggota lainnya dengan kadar yang nyaris sama. Tentu saja, biasanya ada 1-2 sosok yang akan sedikit menonjol dari yang lain, namun ia atau mereka ini cukup mau berbesar hati untuk tidak selalu ingin di turuti.

Dalam geng, biasanya berlaku hubungan leader dan follower(s). Di mana salah satu dianggap leader, dan di bawahnya ada beberapa ‘wakil’ leader, sisanya hanya sebagai follower yang tak banyak suara dan lebih banyak mengikuti.

Dalam sebuah tim, masing-masing anggota memiliki sebuah kepercayaan diri dan kenyaman untuk mengutarakan pendapat, bahkan teguran. 

Dalam geng, boro-boro. Daripada dimusuhin dianggap sok tahu, bahkan kurang ajar ‘melangkahi’ sang Leader hingga akhirnya ga punya temen lagi, mending diem aja deh… palingan kasak-kusuk di belakang bersama sesama follower.

Baik sebuah tim atau sebuah geng, membutuhkan loyalitas. Perbedaannya, loyalitas dalam sebuah tim tetap menghargai hak tiap anggota untuk tetap bisa keluar dan mengapresiasikan diri baik secara individu, ataupun dengan lingkungan ( pertemanan ) yang lain. Ini butuh sebuah kepercayaan diri, dan keberanian untuk jadi diri sendiri.

Geng? Coba saja kalo berani, main sama geng lain : ” mending keluar deh lu sana! ” 

( Tapi ini biasanya tidak berlaku untuk leader atau wakil-wakilnya sih… )

Leadership yang ditunjukkan dalam sebuah geng juga bukan kepemimpinan yang didasari atas respek. Namun lebih ke arah : karena si Anu ini paling kaya, paling royal, paling keceh, paling gaul…gitu gitu deh. Loyalitas yang ditunjukkan oleh para followers juga bukan karena sebuah ketulusan akan sebuah pertemanan. Namun lebih ke arah : kalo ngga sama yang ini, aku nanti main sama siapa? Ini lingkungan terbaik yang gue punya. Ntar gue gak keren lagi endebre endebre..endebre…—-> menunjukkan kepengecutan akibat rasa percaya diri yang rendah.

Jadi…ngomong-ngomong, kamu sekarang sedang berada di kelompok yang mana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s