Pede.

Suatu hari, aku menelepon seorang sahabat, untuk sekedar bertukar pikiran.

Setelah ngomong panjang kali lebar kali tinggi, Sang Sahabat bertanya heran,” Mengapa kau kini hilang percaya diri?

Bukankah pernah ku katakan, kala itu.. Semakin kau takut akan kehilangan sesuatu, semakin besar kemungkinan akan terjadi apa yang kau takutkan itu.”

Aku terhenyak. Sekaligus tersentak. Iya, ya…. betul juga. Sekejab hati kecilku melakukan pembelaan. Bahwa ya iya, mungkin memang habis percaya diriku, tergerus. Siapa yang tak begitu, jika mengalami apa yang telah kulalui?

Seperti biasa, seperti sebelum-sebelumnya, sebuah suara baru dalam benakku berkata, ” Nah ya sudah… sudah pernah tergerus…Jadi sekarang mau apa?”

Aku tak mau hilang rasa percaya diri. Karena seperti kata temanku tadi. Ibarat seorang penari. Jika ia menari dengan penuh percaya diri, maka penonton akan asyik saja mengikuti. Pun ketika Sang Penari melakukan kesalahan, jika ia tetap percaya diri, penonton pasti akan memaklumi.

Namun sebaliknya jika seorang penari, jika merasa gugup, demam panggung, tak percaya diri, maka akan terbawa pada bahasa tubuh dan vibrasi yang ia beri. Sekuat apapun dia berusaha menari, getakannya tak akan mengalir seperti keluar dari hati.

Singkat cerita saran temanku tadi, aku harus bangkitkan kembali rasa percaya diri. Karena, sesungguhnya hanya aku sendiri yang tahu apa yang sedang kuhadapi.

Untung saja kuputarbalik kendaraanku tadi. Jika tidak, aku memaksakan melakukan sesuatu yang sebenarnya tak ingin kulakukan. Takutnya…. malah berpotensi membuat kerusakan yang lebih parah jadinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s