Good cop/bad cop.

Dalam sebuah rumah tangga yang utuh, tak mengapa jika masing masing orang tua memiliki peran yang bertolak belakang.

Jadi ingat orang tuaku dulu :

Aku : ” Maaaa, minta uang.. mau jajan.”

Emak : ” Ngga ada.”

Atau..

Aku : ” Maaa..aku mau sepatu yang itu…”

Emak : ” Astaga, mahalnya. Udah yang ini aja.”

Lalu aku sebal sama ibuku.

Ketika aku ke bapakku :

Aku : ” Paaaa… aku minta uang mau jajan.”

Bapak : ” Berapa?”

Atau..

Aku : ” Paaaa, aku mau sepatu yang itu doong ”

Bapak : ” Yauda.”

BAM!!! Bapakku langsung menjadi idolaku, (hingga kini). Bagiku ibuku kuno, pelit, galak… ngga menyenangkan deh pokoknya. Sementara bapakku lebih gak banyak cingcong, bapakku pula lah yang punya uang karena berkerja.

Tapi..

Ketika ibuku marah, bapakku tak memihak kepadaku, seperti balik memarahi ibuku. Begitupun saat bapakku memarahi aku, ibu pun tak pernah memihakku. Seolah mereka meski tanpa kata kata, sudah sepakat untuk menjadi satu suara. Dan oleh karenanya, bagiku mereka satu paket tak terpisahkan. Bapakku karena gampang iya, ibuku karena masakan dan lumayan sadis dalam pengajaran norma, tatakrama sebagai penyeimbangnya. Hidupku nyaris pas, yin dan yangnya.

Apa yang sekiranya terjadi dalam sebuah rumah tangga yang patah namun memiliki perbedaan yang amat mencolok dari contoh good cop/bad cop di atas?

Biasanya anak anak akan memilih sosok yang dianggapnya paling membuat nyaman.

Gapapa, toh orangtuanya juga. Yang jadi masalah adalah, jika jomplang banget di antara keduanya. Bapaknya kaya banget, ibunya perhitungan banget. Bapaknya iya semua, ibunya banyak nasehat dan aturan. Bapaknya gak satu rumah sama ibunya dan gak saling bicara. Apalagi jika ada api dendam yang terus menyala. Sudahlah anak masih terluka akan problem orangtuanya, tambah lagi luka oleh sosok orangtua yang membuatnya “gerah”.

Sesungguhnya, mengerikan jika seorang anak bisa membenci orangtuanya. Dan ga ada yang paling merusak mental seorang anak, selain membiarkan ia membenci orangtuanya. Padahal, dipukulin kan, juga enggak…?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s