Intrik/ Intrigue.

IN-TRIK :

Merupakan kata nomina (kata benda) yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti penyebaran kabar bohong yang sengaja untuk menjatuhkan lawan.

Sementara,

IN-TRIGUE :

Has 2 meanings : arouse the curiosity or interest of; fascinate. Or….make secret plans to do something illicit or detrimental to someone.

Kedua kata itu kerap diucapkan seperti memiliki arti yang sama, padahal…secara harafiah ada perbedaan yang lumayan mencolok.

Contohnya :

” Gue ngga tahan main sama si Anu, kebanyakan intrik!” Katanya.

Ini pasti maksudnya ke arti kedua dari kata dalam bahasa Inggris tadi, intrigue. Rasanya ngga pas disamaartikan dengan “intrik” versi KBBI.

Penting, amat ya.. bahasan linguistik ini? Hahahaha…

But honestly, my point is.. sebenernya sih… I don’t dig intrigues yang versi bahasa Inggris kedua.

Meletihkan sekali harus ber-intrik..eh…tepatnya berstrategi, demi untuk mendapatkan sesuatu hal yang aku inginkan.

Berstrategi itu wajar, engga apa apa. Penting malah, demi menggapai harapan dan tujuan.

Akupun pernah, kok.

Tapi mbok ya… bikin strategi itu yang cantik, elegan. Pakai perhitungan, tidak menggampangkan, asal sruduk dan yang terpenting, tidak dengan cara ngerepotin atau menyeret-nyeret nama orang lain ( du-oh! ).

Mau tau ngga, modal utama biar strategi kamu sukses? Gampang, cuma perlu : SABAR. Kalau grasa-grusu, biasanya sih.. suka ngga dapet. Kalau sabar, jadinya tenang, energi yang dikeluarkan juga lebih positif.

Coba deh, kamu lebih suka dibujuk petugas marketing yang nyerocos, ngotot dan terkesan maksa, atau yang tenang, dengan kata kata teratur dan terkesan siap untuk ditolak jika kita tak berminat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s