Mpus…

Aku punya dua ekor kucing, yang jantan namanya Meng, yang betina namanya Titi. Bukan kucing kece jenis impor, hanya kucing kampung biasa. Keduanya sekitar 4 tahun yang lalu, datang sendiri ke rumah ini.

Orang bilang, kucing itu tahu jika pemilik sebuah rumah menyukai mereka. Tapi menurutku yang lebih masuk akal adalah, mereka menetap karena sebuah pola. Sekali kamu beri makan mereka, mereka akan kembali lagi.

Singkat cerita, mereka berdua menjadi anggota keluarga di rumah ini. 2 tahun lalu, keduanya kusteril, agar meredam birahi dan kemungkinan beranak pinak.

Sadis, ya?

Tapi katanya, sterilisasi kucing merupakan salah satu wujud sayang pemiliknya. Kucing betina cepat sekali bereproduksi. 2 bulan setelah melahirkan, ia bisa segera bunting lagi.

Kehamilan yang terlalu sering dikatakan dokter hewan juga tidak baik untuk kesehatan kucing betina. Belum lagi, yaa namanya kucing kampung ya.. anak anaknya bisa keleleran. Bisa dimangsa kucing jantan, atau predator lainnya. Belum yang terlindas kendaraan. Aduh.

Sayangnya, ada hal lain yang tak kuketahui tentang pemeliharaan kucing. Bahwa makanan kering yang selama ini kuberikan tak terlalu baik untuk mereka.

Semestinya kuselang seling dengan makanan basah. Aku hanya sesekali memberi makanan basah seperti ikan atau ayam, sisa masakan.

Karena rupanya makanan kering ini tidak terlalu baik bagi ginjal, terutama bagi kucing jantan yang telah disteril.

Seperti manusia, Meng mengalami kesulitan buang air kecil. Anyang-anyangan, sepertinya. Kasihan, ia tampak tersiksa sekali, lesu dan akhirnya kami memutuskan ia lebih baik di opname.

Berdasarkan info yang kami dapat, makanan yang dikonsumsi Meng sudah pasti harus diganti, dengan jenis yang..uhm..6-7 kali lipat lebih mahal dari makanan sebelumnya.

Yasudahlah, tak apa apa, ketimbang harus menyaksikan Meng menderita seperti tengah sembelit, di pojokan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s